Sejarah Berdirinya TK RA Miftahul Jannah Kuntili

Untuk memajukan Pendidikan Agama di Lingkungan desa Kuntili, Yayasan Ma'arif NU Desa Kuntili Kecamatan Sumpiuh bertujuan mendirikan Lembaga pendidikan pra-sekolah. Sehingga terbentuklah Lembaga Pendidikan Islam pra-sekolah yang berbentuk Taman Kanak-kanak atau Raudhatul Athfal. Para pendiri yang tergabung dalam kelompok Ma'arif Nahdlatul Ulama desa Kuntili memberi nama kelompoknya dengan sebutan MIFTAHUL JANNAH. Yang artinya, MIFTAHUL : KUNCI, JANNAH : SURGA. Jadi, Miftahul Jannah adalah Kunci masuk Surga. Nama yang indah dan sangat sakral terdengarnya. Sehingga nama sekolah pun mengikuti nama yayasan yaitu Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal Miftahul Jannah.

Taman Kanak-kanak memiliki arti yang sama dengan Raudhatul Athfal. Di ambil kata Raudhatul Athfal dari bahasa Arab adalah sebagai salah satu ciri Khas Lembaga Pendidikan pra-sekolah yang bernuansa Islami dengan Pencetusnya yaitu orang-orang dari golongan Nahdlatul Ulama yang selain menjunjung tinggi Rasulullah saw juga para Ulama-ulama yang tersebar di seluruh dunia.

TK RA Miftahul Jannah Kuntili Kecamatan Sumpiuh mulai berdiri dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada hari Senin tanggal 17 Juli 1989 dengan 1 (satu) orang pendidik bernama Ibu Siti Nuratiningsih dan siswa sebanyak 13 (tiga belas) anak didik.

Ruang belajar yang digunakan pertama kalinya adalah menumpang di rumah penduduk yaitu di rumah Ibu Muslimah di desa Kuntili. Setelah satu bulan kegiatan berjalan, kemudian tempat belajar anak didik dipindahkan di salah satu ruangan MI Miftahul Jannah Kuntili dengan status Pinjam.

Pada tanggal 2 Juli Tahun 1990, TK RA Miftahul Jannah Kuntili telah resmi terdaftar sebagai lembaga pendidikan pra sekolah yang bercirikan agama Islam dan telah di akui pemerintah.

Setelah TK RA Miftahul Jannah Kuntili telah resmi sebagai lembaga pendidikan pra-sekolah yang bercirikan agama Islam, maka untuk mendalami Ilmu Agama anak-anak didik di TK RA Miftahul Jannah Kuntili di perlukan seorang Guru Agama Islam. Sehingga pada tanggal 1 Juli 1991, TK RA Miftahul Jannah Kuntili diberikan seorang Guru Agama Islam yaitu Ibu Maryamah dan sekaligus di angkat oleh Yayasan sebagai Kepala TK RA Miftahul Jannah Kuntili per tanggal 20 Juli 1991.

Kurikulum pendidikan pra-sekolah pada waktu itu masih belum sempurna dan masih dalam tahap perkembangan. Dan demi kemajuan pendidikan anak-anak bangsa terutama pendidikan Taman Kanak-kanak yang masih membutuhkan banyak bantuan, Pemerintah pada tanggal 2 Juli 1991 membuat surat edaran Nomor : 4677/C/I/1991 yang ditujukan untuk seluruh lembaga-lembaga pra-sekolah.


Para siswi mengikuti lomba menari tingkat kawedanan tahun 1992
Para siswi mengikuti lomba menari tingkat kawedanan 1992
Para siswi mengikuti lomba menari tingkat kawedanan 1992
Para siswi mengikuti lomba menari tingkat kawedanan 1992
Asuhan Ibu Maryamah dan Ibu Siti Nuratiningsih

Karena keadaan sekolah masih dalam perkembangan dan perjuangan baik dari Yayasan maupun pendidik, mulai tahun ajaran 1995/1996, Ruang Belajar Anak Didik dipindahkan di Madrasah milik Bapak Sonhaji desa Kuntili yang letaknyapun tidak jauh dari MI Miftahul Jannah Kuntili. Ini semua dilakukan demi kemajuan pendidikan Islam pra-sekolah dilingkungan desa Kuntili. Dengan adanya kepedulian dan uluran tangan dari warga sekitar serta pengurus Yayasan yang selalu mendukung dan membantu kesulitan-kesulitan yang di alami di TK RA Miftahul Jannah Kuntili, maka anak didik pun menjadi dapat belajar dengan aman dan nyaman.


Siswi mengisi tari-tarian acara walimatul Khitan tahun 1997 di Kuntili
Para siswi mengikuti lomba menari tingkat kawedanan 1992
Acara perpisahan bergabung dengan MI Kuntili tahun 1995
Acara perpisahan bergabung dengan MI Kuntili tahun 1995
Siswi mengisi tari-tarian acara walimatul Khitan tahun 1997 di Kuntili
Acara perpisahan bergabung dengan MI Kuntili tahun 1995
Acara perpisahan bergabung dengan MI Kuntili tahun 1995
Kepala sekolah (Ibu Maryamah) sedang mengisi sambutan.
Kondisi sekolah masih menumpang.
Siswi berprestasi di sekolah diberi hadiah pada acara perpisahan tahun 1995
Siswi mengisi tari-tarian acara walimatul Khitan tahun 1997 di Kuntili
Seleksi Tingkat Kawedanan tahun 1994
Siswi mengisi tari-tarian acara walimatul Khitan tahun 1997 di Kuntili
Setelah surat edaran dari Pemerintah tanggal 2 Juli 1991 tersebut di sampaikan dan dilaksanakan serta ditindaklanjuti oleh semua pihak dan instansi terkait, maka keadaan lembaga pra-sekolah menjadi lebih baik karena lebih banyak perhatian dari pemerintah. Serta ada tambahan buku-buku gratis selama beberapa tahun untuk pelajaran anak didik seperti buku-buku cerita yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak didik dan perkembangan kecerdasannya.

Yayasan Miftahul Jannah Kuntili tidak pernah gentar untuk memperjuangkan lembaga dan juga para masyarakat sekitarnya. Sehingga setelah TK RA Miftahul Jannah Kuntili dengan susah payah berdiri tegar sejak tahun 1989, dan setelah umurnya sudah mencapai 13 tahun usia sekolah, pada tanggal 7 Agustus 2002, Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal Miftahul Jannah desa Kuntili Kecamatan Sumpiuh mendapatkan tanah wakaf dari seorang warga desa Kuntili dengan sertifikat nomor : 11.27.07.06.9.00003 seluas 105 M2 atas nama "Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal". Sehingga, Taman Kanak-kanak yang sudah usia remaja menjadi milik warga masyarakat dan menjadi kebanggaan umat Islam.

Melalui proses dari waktu ke waktu, pembuatan gedung sekolah semakin berkembang sehingga muai tahun pelajaran 2004/2005, tempat pembelajaran anak didik dipindahkan di gedung sekolah yang baru. Dengan berjalannya waktu, Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal Miftahul Jannah desa Kuntili telah mengalami peningkatan dan perkembangan yang signifikan. 


Kata Mutiara :
Innama a'malu binniyat. Artinya : Segala perbuatan itu tergantung dari niatnya.
Segala sesuatu yang dilakukan berdasarkan niat ibadah, sehingga adanya lembaga demi memperjuangkan agama Allah, insya Allah, Allah akan menggantinya di akherat dengan lahan seluas langit dan bumi.  Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Print